5 Sekolah Islam Favorit di Surabaya (SD, SMP, dan SMA)

Tahukah Anda kalau saat ini semakin banyak sekolah Islam favorit di Surabaya, yang menyediakan fasilitas belajar terbaik dan memberikan ilmu penting tentang Islam yang dibutuhkan di masa sekolah. Pilihannya sangat beragam, dengan prestasi yang sangat memuaskan dan punya lulusan terbaik.

Memberikan pendidikan tentang keislaman sangat penting dilakukan sejak dini kepada anak, agar mereka memiliki pemahaman yang benar tentang agama. Sebagai dasar dalam menjalankan hidup di masa depan.

Dahulu kebanyakan orang tua memilih memasukkan anak mereka ke pesantren. Tapi dengan adanya sekolah Islam yang menggunakan kurikulum Islami dan dipadukan dengan kurikulum pemerintah, menjadi pilihan lebih tepat.

Jika Anda berdomisili di Surabaya, tersedia banyak sekolah bernuansa Islam tersebut. Kebanyakan merupakan sebuah kesatuan pendidikan dari Taman Kanak-Kanak sampai Sekolah Menengah Atas.

Penasaran sekolah mana sajakah itu? Ini dia daftar lengkapnya sebagai tambahan referensi, sebelum mendaftarkan buah hati di sekolah terbaik versi Anda.

5 Sekolah Islam Favorit di Surabaya

Setidaknya ada 10 sekolah yang sudah eksis sejak lama di Kota Surabaya, berhasil meluluskan banyak generasi muda Islam yang kompeten di berbagai bidang. Ini dia daftarnya.

1. At Taqwa

At Taqwa

Sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan bernama At Taqwa ini, memiliki beberapa jenjang pendidikan. Mulai dari Playgroup untuk memulai memberikan pengetahuan Islam bagi anak-anak usia dini.

Kemudian ada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama yang semuanya berada di dalam satu komplek sekolah. Sehingga memudahkan orang tua untuk mengantar dan jemput anak di berbagai jenjang pendidikan yang tersedia.

Alamatnya ada dua, pertama untuk kampus 1 adalah di Griya Babatan Mukti, Wiyung. Kemudian kampus 2 di Jalan Raya Mangkingan Nomor 34, Lakarsantri.

Sekolah ini sudah mengantongi Akreditasi A dan menjalankan kurikulum 2013, yang juga menerapkan kurikulum Islami yang mudah dipahami sesuai jenjang pendidikan anak.

2. Al Irsyad

Al Irsyad

Awal berdirinya yayasan ini adalah di tahun 1924, awalnya memang sudah sebagai lembaga pendidikan berlandaskan Islam. Saat ini semua jenjang pendidikan sudah tersedia di Al Irsyad, mulai dari Playgroup hingga SMA dan SMK.

Sekolah ini juga sudah terakreditasi A, dengan fasilitas yang lengkap. Seperti ruang belajar full AC, ruang belajar siswa laki-laki dan perempuan terpisah dengan area bermain yang sangat luas dan menyenangkan.

Tersedia juga berbagai jenis laboratorium penunjang kegiatan belajar sesuai tingkatan pendidikan, masjid untuk tempat shalat berjamaah dan acara keagamaan, aula untuk berbagai kegiatan sekolah, dan banyak fasilitas lainnya.

Alamat salah satu sekolah Islam favorit di Surabaya ada di Jalan Sultan Iskandar Muda 46, untuk semua jenjang pendidikan termasuk kantor yayasan. Khusus untuk playgorup dan TK terletak di Ampel Maghfur 22.

3. Al Hikmah

Al Hikmah

Selanjutnya ada sekolah berbasis pendidikan Islami yang bernama Al Hikmah, yang sudah memiliki jenjang pendidikan lengkap, mulai dari TK sampai SMA. Tersedia juga boarding school dan kampus STKIP Al Hikmah.

Saat ini akreditasi dari Al Hikmah adalah A, baik untuk tingkat pendidikan SD, SMP, maupun SMA. Jadi bisa dikatakan kalau menyekolahkan anak disini, tentu akan mendapatkan pendidikan sesuai standar di Indonesia.

Fasilitas yang disediakan juga sudah sangat lengkap, sesuai dengan jenjang pendidikannya. Orang tua juga bisa berkoordinasi langsung dengan para guru, untuk melihat perkembangan pendidikan anak.

Untuk tingkat SD, juga sangat bersaing dengan SD negeri favorit di Surabaya yang sudah ada sejak lama.

Ada evaluasi berkala yang dilakukan untuk melihat sejauh mana anak sudah mampu belajar dengan maksimal. Baik untuk pelajaran sesuai kurikulum pemerintah, maupun pelajaran dibidang keislaman yang tentunya mengacu pada Alquran dan hadits shahih.

4. Al Azhar 35

Al Azhar 35

Merupakan salah satu lembaga pendidikan untuk tingkat SD Al Azhar Surabaya yang menerapkan tiga kurikulum utama yaitu kurikulum nasional pribadi muslim Al Azhar, dan kurikulum Cambridge primary framework.

Jadi, selain mengikuti pelajaran standar berkualitas nasional juga diseimbangkan dengan pembentukan karakter anak yang Islami. Tentunya dengan pengajar yang sudah memiliki pengalaman mengajar terbaik di bidang masing-masing.

Alamat sekolah ini ada di Jalan Komplek Pakuwon City Jalan Florence Nomor 31, Kalisari Mulyorejo. Sedangkan untuk SMP dan SMA, juga tersedia sekolah Al Azhar dengan kurikulum terbaik. Siswanya juga berhasil mengumpulkan berbagai prestasi.

5. Insan Mulia

Insan Mulia

Alamatnya ada di Jalan Medokan Semampir Indah Nomor 99 – 101, yang menyediakan jenjang pendidikan dari TK, SD, SMP Islam di Surabaya sampai SMA. Dengan menerapkan sistem sekolah alam, pastinya menyenangkan bagi anak.

Ditambah pula akreditasinya A yang dimiliki, membuat orang tua tak perlu khawatir untuk menitipkan anaknya belajar di Insan Mulia.

Proses belajar mengajarnya mengkolaborasikan antara nilai Islami dalam pelajaran dan prakteknya, tanpa mengabaikan kurikulum nasional yang digunakan saat ini. Jadi, pembentukan karakter Islami bisa direalisasikan dan potensi prestasi akademik dan non akademik anak juga bisa dimaksimalkan.

Sebagai upaya menciptakan lulusan terbaik, Insan Mulia juga menyediakan fasilitas pendukung yang relatif lengkap. Ada ruang belajar yang nyaman, laboratorium lengkap, perpustakaan, dan masjid.

Ada juga lokasi untuk melaksanakan berbagai hobi dan kegiatan menarik secara berkala, sebagai bagian dari program belajar.

Kesimpulan

Lima sekolah berbasis Islam di Surabaya ini, memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang unggul dari segi fasilitas, namun ada juga yang unggul di bidang lainnya.

Tapi intinya, semua sekolah Islam favorit di Surabaya tersebut sangat direkomendasikan sebagai tempat belajar anak, apalagi yang ingin anaknya mendalami agama lebih dalam. Baik itu TK, SD, SMP, maupun SMA.

Sharing Is Caring:

Leave a Comment