Cara Melihat Nilai Akreditasi Sekolah SD/SMP/SMA Online

Salah satu poin penting saat mencari sekolah terbaik untuk anak adalah akreditasi dari sekolah tersebut. Semakin bagus nilai akreditasinya maka bisa dibilang sebagai sekolah yang bagus. Siapapun bisa melihat nilai tiap sekolah dengan cara melihat nilai akreditasi sekolah sesuai aturan dari pemerintah.

Kalau dulu saat Badan Akreditasi Sekolah muncul sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 tahun 2012, sekolah yang dinilai masih terbatas untuk kategori swasta. Tapi sekarang, sekolah negeri juga dinilai apakah sudah memenuhi standar pendidikan Indonesia atau belum.

Proses untuk bisa mendapatkan akreditasi tersebut juga cukup panjang, melibatkan banyak elemen terutama pihak sekolah dan pemerintah. Jika sudah keluar nilainya, maka siapapun dapat mengakses melalui situs resmi Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

Apa sebenarnya akreditasi sekolah, bagaimana cara untuk melihat nilai tiap sekolah, hingga manfaat dari adanya sistem penilaian tersebut?

Simak semua penjelasan lengkapnya disini, sebagai bahan referensi saat akan menentukan sekolah terbaik untuk anak atau untuk diri sendiri.

Apa Itu Akreditasi Sekolah

Apa Itu Akreditasi Sekolah

Yang disebut akreditasi sekolah yaitu sebuah legalitas atau penjelasan kualitas dari sebuah lembaga pendidikan di Indonesia dan dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah.

Selama setiap sekolah bisa memenuhi semua standar kriteria yang sudah ditetapkan untuk satuan pendidikan, maka nilai akreditasinya akan tinggi. Tapi, kalau belum akan terdapat beberapa catatan untuk dilengkapi sebelum mendapatkan nilai akreditasi terakhir.

Sistem penilaian ini memiliki tujuan yang sangat penting bagi kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia, salah satunya adalah melakukan penilaian lembaga pendidikan.

Ada tiga tingkat akreditasi sekolah yang ditetapkan oleh pemerintah, akreditasi C atau cukup baik jika sekolah atau madrasah tersebut memiliki nilai antara 71 -80.

Kemudian akreditasi B atau baik, untuk sekolah yang berhasil mengumpulkan nilai antara 81-90. Lalu akreditasi A atau unggul, diberikan bagi sekolah yang berhasil mengumpulkan poin  antara 91-100.

Cara Melihat Nilai Akreditasi Sekolah

Cara Melihat Nilai Akreditasi Sekolah

Bisa disimpulkan bahwa, semakin bagus nilai Akreditasi sebuah sekolah otomatis semua komponen di sekolah tersebut semakin dekat dengan pemenuhan kriteria sekolah terbaik di Indonesia. Lantas bagaimana cara melihat nilai akreditasi sekolah tersebut?

  • Pastikan perangkat komputer atau HP yang akan dijadikan media melihat nilai tersebut, sudah terkoneksi internet
  • Buka aplikasi browser yang biasa digunakan, pilih tab baru dengan menekan tombol “+”
  • Ketik alamat situs https://bansm.kemdikbud.go.id/akreditasi dan tunggu sampai halaman depan situs muncul
  • Klik nama provinsi tempat sekolah yang akan dilihat nilai akreditasinya, pilih opsi kota lokasi sekolah
  • Klik pada tingkat pendidikan apakah SD, SMP,SMA, SMK, atau yang sederajat
  • Pilih opsi status sekolah apakah negeri atau swasta
  • Klik pada pilihan tahun akreditasi. Biasanya dipilih tahun terakhir karena merupakan data paling baru yang dijadikan acuan
  • Pilih daftar peringkat dari akreditasi sekolah dan ketik Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dari sekolah yang dituju. Kalau tidak tahu NPSN nya, bisa memasukkan nama dari sekolah tersebut
  • Tekan tombol “cari sekolah” di bagian bawah halaman
  • Tunggu sampai muncul informasi lengkap dari sekolah tersebut, termasuk nilai akreditasi terbarunya.

Jika datanya sudah terbaru, artinya akreditasi sudah dilakukan oleh pihak sekolah untuk tahun terakhir penilaian. Namun ketika menggunakan cara cek nilai akreditasi sekolah ternyata masih tahun sebelumnya, maka bisa jadi sekolah tersebut masih dalam proses pengajuan akreditasi dan belum tersedia nilai akreditasi terkininya.

Syarat Akreditasi Sekolah

Syarat Akreditasi Sekolah

Setiap sekolah yang ingin mendapatkan legalitas akreditasi dari pemerintah, perlu memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Baik itu untuk SD atau sederajat seperti MI dan SLB, SMP atau sederajat yaitu MTs dan SMPLB, serta SMA atau sederajat yaitu MA atau SMALB.

Begitu juga dengan sekolah kejuruan dimana pada umumnya harus memenuhi sejumlah syarat berikut ini. Setelah itu barulah bisa dinilai dan dilihat nilai akhirnya melalui cara melihat nilai akreditasi sekolah di atas.

  • Sudah mengantongi surat atau akta pendirian lembaga pendidikan tersebut, sebagai legalitas utamanya
  • Sudah beroperasi dengan bukti adanya siswa untuk semua kelas pendidikan. Misalnya untuk SD, terdapat daftar nama siswa dari kelas 1-6 secara rinci
  • Punya perlengkapan pendidikan baik itu sarana seperti kelas, meja, kursi, dan lainnya serta prasarana pendukung sesuai aturan penilaian akreditasi sekolah
  • Punya guru atau tenaga pendidik yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan sebuah sekolah
  • Mengajarkan materi berdasarkan kurikulum yang sedang diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan RI
  • Sudah ada tamatan dari sekolah tersebut, yang menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya. Bisa diartikan bahwa sudah lewat satu periode belajar mengajar satu tahun.

Apa Manfaat Akreditasi Sekolah?

Apa Manfaat Akreditasi Sekolah_

Belakangan ini nilai akreditasi sekolah semakin menjadi hal yang penting, siapapun juga bisa cek akreditasi dengan mudah. bahkan semua sekolah berbondong-bondong untuk memenuhi persyaratan agar dinilai oleh Badan Akreditas Sekolah. Berikut ini beberapa manfaat dari akreditasi bagi berbagai pihak.

  • Untuk Siswa

Siswa akan lebih tahu mana sekolah yang akan dipilih setelah menamatkan sekolahnya saat ini. termasuk kemungkinan untuk pindah ke sekolah lain dengan akreditasi lebih bagus. Selain itu, juga sebagai nilai ukur karir maupun pekerjaan Anda di masa depan.

  • Untuk Sekolah

Memastikan apakah pihak sekolah sudah berhasil memenuhi standar pendidikan yang ada dengan mutu terbaik. Jika belum tentu menjadi bahan evaluasi untuk lebih maksimal memenuhi kriteria tersebut agar nilai akreditasi meningkat di tahun berikutnya

  • Untuk Alumni

Membantu mendapatkan pekerjaan yang bagus karena tidak sedikit perusahaan yang melihat latar belakang pendidikan calon karyawannya.

  • Untuk Orang Tua

Bisa memilih sekolah terbaik untuk anak dengan melihat nilai akreditasi sekolah, sehingga pendidikan yang diterima anak akan lebih maksimal.

Kesimpulan

Untuk melihat nilai akreditasi sekolah, ternyata sangat mudah. Bisa dilakukan melalui situr resmi Kemendikbud RI secara online dengan akurat dan real time. Semua data sekolah di Indonesia dari berbagai tingkatan bisa dilihat disana. Selain itu, hal ini juga bisa dijadikan acuan untuk mendapatkan sekolah terbaik untuk anak.

Dengan mengetahui cara melihat nilai akreditasi sekolah, banyak pihak yang akan diuntungkan. Terutama dunia pendidikan Indonesia, yang akan semakin bagus karena semakin banyak sekolah memenuhi standar pendidikan terbaik.

Sharing Is Caring:

Leave a Comment